Kamis, 12 Juni 2014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rencana yang menggambarkan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang dijabarkan dalam silabus dengan kata lain bahwa rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan turunan dari silabus. Meskipun rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus sekilas terlihat sama tetapi ada perbedaan antara rencana pelaksanaan pembelajaran dan silabus. Jika rencana pelaksanaan pembelajaran memuat penggalan-penggalan kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru dalam setiap pertemuan sedangkan silabus memuat hal-hal yang perlu dilakukan siswa untuk menuntaskan suatu kompetensi. Rencana pelaksanaan pembelajaran ini digunakan guru sebagai persiapan sebelum mengajar.
Adapun unsur-unsur yang perlu diperhatikan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu :
1.      Rencana pelaksaan pembelajaran harus mengacu pada kemampuan dasar.
2.      Menggunakan pendekatan yang sesuai dengan materi.
3.      Menggunakan metode dan media yang sesuai.
4.      Penilaian dengan melakukan pengujian.
Komponen-komponen yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu sebagai berikut :  
1.   Indentitas Mata Pelajaran, meliputi : satuan pendidikan, kelas, semester, program studi, mata pelajaran dan jumlah pertemuan.
2.   Standar Kompetensi merupakan pencapaian kemampuan minimal oleh peserta didik dalam penguasaan pengetahuan, sikap dan keterampilan.
3.  Kompetensi Dasar merupakan sejumlah kemampuan yang harus dikuasai oleh peserta didik dalam suatu mata pelajaran.  
4.  Indikator merupakan perilaku yang dapat diukur untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar.
5.   Tujuan Pembelajaran merupakan proses dan hasil yang harus dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.    Materi Ajar merupakan materi yang digunakan untuk mancapai tujuan pembelajaran. 
7.  Metode Pembelajaran merupakan suatu cara yang digunakan guru untuk mewujudkan suasana belajar sesuai dengan situasi dan kondisi peserta didik.
8.  Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh guru dari awal sampai akhir pelajaran yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup.
9.   Sumber belajar, mengacu pada standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi ajar dan kegiatan pembelajaran.
10.  Penilaian merupakan prosedur penilaian proses dan hasil belajar peserta didik.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 



A.      Identitas
1.      Sekolah                      : . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .
2.      Mata Pelajaran           : Seni Budaya dan Keterampilan
3.      Kelas/Semester           : VI/2
4.      Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit (70 menit)
B.    Standar Kompetensi :  
     1. Mengapresiasi Karya Seni Rupa.  
                                                                                                                                                     
C. Kompetensi Dasar :
       1.1 Mengidentifikasi jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain.
D.  Indikator :  
       1.1.1 Mengamati beberapa gambar/ model ragamhias batik Nusantara daerah lain.
       1.1.2 Mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain.
       1.1.3 Mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik.
E.       Tujuan Pembelajaran :
1.    Mengenal berbagai jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain dan teknik dalam membatik.
F.       Karakter Siswa yang diharapkan berkembang
a.    Berani (audacious).
b.    Tanggung jawab (responsibility).
c.    Disiplin (discipline).
d.   Ketelitian (carefulness)
e.    Mengembangkan rasa ingin tahu.
f.     Tekun dan gemar membaca (diligence).
g.    Kerja sama (cooperation)
h.    Percaya diri (confidence)
G.      Materi      : Jenis Motif Hias
H.      Metode Pembelajaran
a.    Apersepsi (pengamatan)
b.    Ekpositori (menerangkan)
c.    Tanya jawab
d.   Demonstrasi (peragaan)
I.         Kegiatan Belajar
1.    Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
a.    Mengucapkan salam
b.    Sembahyang bersama
c.    Absensi
d.   Menyiapkan berbagai media seperti buku paket SBK dan alat tulis.
e.    Apersepsi (Guru mengingatkan kembali tentang berbagai ragam hias batik Nusantara).
f.  Siswa menanggapi pertanyaan dari guru berdasarkan pengetahuan yang telah mereka miliki.
g.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
h. Guru menyampaikan cakup materi yang akan dibahas untuk mendukung tercapainya tujuan.
2.    Kegiatan Inti (50 menit)
1)   Ekplorasi
a.   Siswa membaca dan mengkaji materi (teori) tentang jenis motif hias pada karya seni rupa Nusantara daerah lain.
b.      Siswa mengamati contoh gambar/ model ragam hias batik Nusantara daerah lain.
2)   Elaborasi
a.   Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal yang dipandang penting tentang hasil eksplorasinya.
b.      Siswa ditugaskan mengidentifikasi ragam hias batik Nusantara daerah lain.
c.       Siswa ditugaskan mengidentifikasi teknik dan bahan pembuatan batik.
d.      Siswa ditugaskan melakukan percobaan membuat batik sederhana.
3)   Konfirmasi
a.  Guru memberikan penguatan positif sesuai dengan hasil percobaan siswa dalam membuat batik.
b.    Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksikan dan merevisi hasil eksplorasinya yang masih salah untuk mendapatkan suatu konsep/keterampilan yang benar.
3.    Kegiatan Penutup (10 menit)
a.      Guru bersama siswa meresume hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan.
b.    Guru memberikan evaluasi/melakukan refleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang terjadi.
c.  Guru memberikan tindak lanjut (berupa tugas rumah yang terkait dengan materi pelajaran baik berupa pengayaan maupun remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM). Memberikan bimbingan khusus bagi siswa yang dipandang memerlukan.
d.  Guru mengakhiri kegiatan, dengan menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.
J.        Sumber Belajar dan Media/alat peraga
1.      Sumber belajar  : Buku Paket SBK standar isi 2006
2.      Media/Alat peraga : Gambar, foto/ model karya seni rupa tiga dimensi.
K.      Penilaian
Teknik : Tes lisan dan tulisan
Bentuk : Isian dan uraian                           
Instrumen : Lembar Kerja Siswa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar